Thursday, 12 July 2012

Automata

Automata (Auto Maintenance Application) atau yang lebih akrab saya sebut dengan Sistem Maintenance Rahayu (Simerah) ini Alhamdulillah rilis juga. Latar belakang diciptakannya sistem ini adalah maintenance pada aplikasi Rahayu Innovation Center yang terasa kurang efisien.  Hal ini terjadi karena aplikasi yang tertanam client terkadang memiliki bug atau error yang memiliki level yang beragam,  dan setiap level tersebut dapat dipastikan memiliki teknik penyelesaian dengan tingkat beragam pula. Akan tetapi yang terjadi dilapangan, dengan tingkat error yang beragam itu pula kita harus melakukan maintenance selalu dengan cara yang sama yakni secara langsung datang ke TKP.
Manfaat diciptakan Sistem Auto Maintenance ini yakni:

A.Sudut Pandang Aplikasi

Mengetahui tingkat error dari aplikasi client 
   Aplikasi pada client akan mengirimkan informasi bila terjadi error, informasi tersebut dikirim pada server   yang terinstall Sistem AUTOMATA ini yang selalu memantau aktivitas error client. 

Membangkitkan solusi terhadap problem error yang terjadi pada aplikasi client secara otomatis
   Solusi yang dibangkitkan merupakan solusi dari problem eror yang terjadi pada client yang notabene semua kemungkinan problem  sudah terdaftar pada database sistem Auto Maintenance ini.

Mengirimkan solusi yang dari problem client secara langsung melewati media komunikasi secara otomatis
    Solusi akan langsung tertampil pada windows aplikasi client sehingga masalah akan langsung terselesaikan secara on time (Solusi dikirm melalui media SMS Gateway yang nantinya akan dikembangkan dapat melewati media komunikasi lain seperti internet dan sebagainya).

Gambar Solusi yang telah terkirim dan tampak pada aplikasi client:


B.Sudut Pandang Materi
-        -  Efisiensi Tenaga Kerja (SDM)
-        -  Efisiensi Biaya
- Efisiensi Waktu

Tools yang digunakan untuk membangun sistem:
-         - Java Netbeans 7.1.2 (J2SE)
-         - SQLite database
-         - CorelDRAW X5
- Picasa

Library Java yang digunakan untuk mendukung sistem:
-        COMM.jar
-        -  commons-collections-2.1.jar
-        -  commons-logging-1.0.2.jar
-        -  commons-logging-api-1.0.2.jar
-        -  fjreport.0.4.3.jar
-        -  postgresql-8.1-405.jdbc2ee.jar
-        -  SD.jar
-        -  sqlitejdbc-v056.jar
- UsuLibrary.jar

Interface AUTOMATA:
A.Aplikasi server
   - Interface Utama
 - Menu Data Client
 - Fixed Problem
 - Enable Server (Untuk mengkatifkan Aplikasi Automata dan Database)
 - Sort (Melakukan sorting data secara otomatis berdasarkan key tertentu)
 - All (Menampilkan semua data tanpa key tertentu)

 B.Menu pada Client
 Menu yang sudah terinstall atau terintegrasi pada apllikasi client.

Tampilan database yang digunakan untuk mendukung pendataan sistem:
- tserverbox
Merupakan table yang berisi data status maintenance dari aplikasi yakni telah terselesaikan pada jam dan tanggal tertentu pada aplikasi tertentu pula.
- tsolusi
Merupakan table yang berisi semua solusi dari problem aplikas dari client yang nantinya langsung dikirim secara otomatis pada client bila terjadi error.
NB: agar aplikasi client dan server harus terhubung pada media komunikasi agar dapat saling mengirimkan informasi.

By : Parama Fadli Kurnia
       Rahayu Innovation Center

No comments:

Post a Comment